Kamis, 12 Februari 2009

LATAR BELAKANG

Mahasiswa sebagai insan intelektual mempunyai peran yang sangat strategis dalam proses pembangunan nasional. Sebagai agent of change, sudah selayaknya mahasiswa memberikan sumbangan aspiratif kearah perbaikan masyarakat dan bangsa pada umumnya dan profesi pada khususnya.
Bermula dari pemikiran tersebut, maka dibutuhkan sebuah wadah yang mampu menjembatani kerja-kerja yang bersifat komunal, untuk itu dibentuklah organisasi yang mewadahi pergerakan seluruh mahasiswa ilmu keperawatan yang kemudian diberi nama Himpunan Mahasiswa Keperawatan Brawijaya yang selanjutnya disingkat HIMKAJAYA. HIMKAJAYA didirikan di Malang pada tanggal 15 November 2000. Dengan adanya organisasi tersebut, maka koordinasi dalam aktivitas ditingkat mahasiswa Jurusan Keperawatan FKUB akan lebih baik. Sehingga kesinambungan aktivitas dapat diwujudkan untuk mencapai tujuan organisasi tampak hasil yang nyata dari aktivitas-aktivitas tersebut.
HIMKAJAYA merupakan sebuah Badan Khusus (BK) yang beranggotakan seluruh mahasiswa Jurusan Keperawatan FKUB, baik klinik maupun non klinik. Dimana untuk menjadi anggotanya tanpa perlu adanya pendaftaran ataupun open recruitmen, jadi setiap mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Keperawatan FKUB secara ototmatis adalah anggota HIMKAJAYA.
Dari waktu ke waktu, terjadi berbagai perkembangan dan dinamika organisasi, baik yang bersifat positif maupun yang negative. Pasang surut ini, merupakan salah satu bagian dari proses pendewasaan dan pematangan yang tidak dapat dihindari, oleh karenanya dibutuhkan sebuah penyikapan yang bijaksana agar proses tersebut dapat memberikan manfaat bagi perkembangan organisasi kedepannya.
Karena HIMKAJAYA merupakan perwujudan dari Mahasiswa Jurusan Keperawatan FKUB, maka seluruh bentuk kegiatan yang ada difokuskan fungsinya bagi pelayanan terhadap anggotanya. Dan, modal utama dalam pergerakan organisasi HIMKAJAYA adalah kekompakan antara anggota dan pengurus, serta tingginya rasa saling memiliki antara anggota dan pengurus terhadap himpunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar