Rabu, 22 April 2009

PERNYATAAN SIKAP
No. 01/ILMIKI/IV/2009


Lahirnya ILMIKI pada 24 September 2000 menunjukkan upaya mahasiswa keperawatan untuk berperan serta mengukir sejarah perkembangan keperawatan profesional di Indonesia. ILMIKI diharapkan mampu menjadi wadah bagi perkembangan keperawatan dan jaringan komunikasi lembaga mahasiswa ilmu keperawatan. Sehingga mahasiwa keperawatan memiliki satu wadah yang utuh.

Sejarah membuktikan bahwa tinta-tinta emas telah diukir oleh mahasiswa. Dinamisasi pergerakan mahasiswa mampu memberikan perubahan signifikan bagi perubahan sosial dan corak kehidupan masyarakat. Melalui fungsinya sebagai iron stock, agent of change, dan social control, mahasiswa tidak hanya menjadi kader penerus bangsa tapi juga memberikan kontribusi bagi pengawasan kebijakan sosial dan pembuat perubahan.
Kondisi masyarakat Indonesia khususnya dalam bidang kesehatan saat ini mengalami fase kemunduran. Berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh pelosok negeri ini, telah menuntut profesionalitas dalam aspek kesehatan. Tenaga kesehatan yang berkualitas menjadi tuntutan pelayanan di masyarakat. Dinamisasi kondisi antar profesi kesehatan cukup mempunyai pengaruh kuat dalam menentukan langkah konkrit menuju masyarakat Indonesia yang sehat.

Dunia keperawatan saat ini mengalami fase-fase kemajuan dengan berbagai gejolak di berbagai sisi. Namun demikian bukan berarti kita terlena oleh kemajuan tersebut.. Berbagai kebijakan harus disikapi dengan cermat dan teliti. Keperawatan harus punya sikap yang tegas terhadap kondisi yang dihadapi. Masih banyak yang harus diperjuangkan untuk profesi ini.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka kami Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia menyatakan beberapa isu yang menjadi perjuangan kami, yaitu :
1. Tentang legislasi keperawatan menuju keperawatan professional
2. Penataan lahan praktik pendidikan keperawatan menyangkut RS pendidikan
3. Penerapan standarisasi institusi pendidikan
4. Kontribusi konkrit secara tanggap terhadap masalah kesehatan
5. Globalisasi perawat
6. Sosialisasi RUU keperawatan terkait dengan masalah D4 keperawatan
7. Upaya meningkatkan rasa bangga akan profesi keperawatan
8. Persamaan pernyataan gerak untuk aksi nasional
Menyikapi isu-Isu diatas maka bentuk organ yang diharapkan :
1. Bidang pendidikan terkait dengan RS pendidikan dan pelaksanaan standarisasi institusi pendidikan
2. SOSMAS, terkait kontribusi konkrit terhadap masalah keperawatan
3. Kajian strategi terkait mangkaji masalah globalisasi, sosialisasi RUU keperawatan dan urgensinya serta sosialisasi D4
4. Advokasi berkaitan dengan persamaan gerak dalam aksi nasional
5. Pengembangan SDM berkaitan dengan kurangnya rasa bangga profesi keperawatan

MAKASSAR, 4 APRIL 2009

Atas nama anggota ILMIKI
UNIV SYAH KUALA BANDA ACEH, UNIV SUMATERA UTARA MEDAN, UNIV ANDALAS PADANG, STIKES CERIA BUANA, STIKES BINA HUSADA PALEMBANG, UNIV SRIWIJAYA PALEMBANG, UNIVERSITAS INDONESIA, UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA, STIK ST. CAROLUS JAKARTA, UNIV MUHAMMADIYAH JAKARTA, UNIV PADJAJARAN BANDUNG, UNIV GADJAH MADA YOGYAKARTA, UNIV MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, STIKES ‘AISYIYAH YOGYAKARTA, UNIV JEND. SUDIRMAN PURWOKERTO, UNIV MUHAMMADIYAH SURAKARTA, UNIV DIPONEGORO SEMARANG, UNIV BRAWIJAYA MALANG, UNIV AIRLANGGA SURABAYA,UNIV MUHAMMADIYAH MALANG, UNIV HASANUDDIN MAKASSAR, UNIV INDONESIA TIMUR MAKASSAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar